May 24, 2024
sejarah mario bross

sejarah mario bross

Game Mario Bros Dari 8-bit Hingga Era Modern

Mario Bros adalah salah satu nama paling terkenal dalam industri permainan video. Game ini telah memukau jutaan pemain di seluruh dunia selama lebih dari tiga dekade. Perjalanan panjang Mario dari permainan arcade sederhana hingga permainan epik 3D modern. Memiliki sejarah yang menakjubkan, maka kamu harus mengetahui sejarahnya dibawah ini!

1. Era Awal: Kelahiran Mario Bros (1981-1985)

Segalanya dimulai pada tahun 1981 ketika Shigeru Miyamoto. Dahulu, seorang desainer permainan dari Nintendo, menciptakan karakter bernama Jumpman dalam permainan arcade Donkey Kong. Kemudian, Jumpman diberi nama Mario, diambil dari seorang pemilik gedung sewaan yang dikenal oleh Nintendo of America.

Mario kemudian bersama dengan saudaranya, Luigi, menjadi karakter utama dalam permainan “Mario Bros” yang dirilis pada tahun 1983. Permainan ini menampilkan dua tukang ledeng yang harus membersihkan pipa dari berbagai makhluk seperti Koopas dan Goombas. Mario Bros adalah fondasi bagi apa yang akan menjadi fenomena global.

2. Era NES (1985-1991)

Revolutionary konsole Nintendo Entertainment System (NES) tahun 1985 membawa Mario Bros ke tingkat yang lebih tinggi dengan peluncuran “Super Mario Bros.” Game ini dikenal dengan grafis yang lebih baik, musik yang ikonik, dan tingkat desain yang cerdik. Ini adalah permainan platform side-scrolling pertama yang benar-benar mendefinisikan genre tersebut.

3. Mario di Era 16-bit (1990-an)

Selama dekade 1990-an, Nintendo memperkenalkan Super Nintendo Entertainment System (SNES), yang membawa beberapa permainan Mario yang paling dihormati. “Super Mario World” menjadi salah satu game platform paling populer yang pernah ada, sementara “Super Mario Kart” meluncurkan waralaba Mario Kart yang sukses.

4. Era 3D (1996-sekarang)

Tahun 1996 adalah saat Mario melangkah ke dunia 3D dengan permainan “Super Mario 64” yang mengubah cara kita melihat permainan platform. Ini adalah salah satu permainan 3D pertama yang sukses dan menjadi standar emas untuk permainan sejenis.

Era modern juga menyaksikan peluncuran game seperti “Super Mario Odyssey,” yang menggabungkan elemen 3D klasik dengan alur cerita yang mendalam dan dunia terbuka.

5. Mario Bros di E-sport dan Mobile (2000-sekarang)

Mario Bros telah menjadi ikonik dalam dunia e-sport dengan permainan seperti “Super Smash Bros.” yang menjadi salah satu kompetisi e-sport yang paling terkenal. Selain itu, Nintendo juga memasuki pasar permainan mobile dengan game seperti “Super Mario Run” dan “Mario Kart Tour,” yang memungkinkan pemain untuk menikmati Mario di perangkat seluler mereka.

Dalam lebih dari empat dekade, Mario Bros telah berkembang dari permainan arcade sederhana menjadi fenomena global dengan waralaba yang mencakup berbagai genre permainan dan platform. Karakter ini terus menjadi ikon ikonis dalam sejarah permainan video dan terus memberikan pengalaman gaming yang tak terlupakan kepada pemain di seluruh dunia. Mario Bros adalah bukti nyata bahwa kualitas, inovasi, dan kreativitas selalu memenangkan hati pemain, terlepas dari seberapa lama waktu berlalu.